Tips Transaksi Online

Lokasi Penjual
Disarankan untuk melakukan komunikasi secara langsung,misal melalui telpon. Tanyakan kepada pengelola alamat fisik toko tersebut,atau tempat tinggal fisik yang tetap. Cocokan alamat fisik penjual dengan kode wilayah telpon. Jika penjual hanya memberitahu nomor handphone,tanyakan baik-baik nomor telpon tetapnya. Jika mereka memang benar-benar mau berbisnis secara fair,pasti dengan senang hati mau memberikan identitasnya.

Popularitas Penjual
Salah satu toko online yang mempunyai popularitas dan cukup terkenal adalah Amazon,ini merupakan salah satu contoh toko online yang terpercaya. Jika ada toko online yang belum pernfah kita ketahui sebelumnya,kita dapat menggunakan search engine untuk mengetahui tingkat popularitasnya. Dengan cara tersebut,kita juga dapat mengetahui komplain dari konsumen mengenai toko tersebut,tentunya ini dapat menjadi pertimbangan sebelum melakukan transaksi.

Kita juga dapat mencari informasi mengenai peliputan media massa menganai toko online tersebut.

Kondisi Barang
Cermati gambar produk yang dijual,terkadang ada penjual yang memasang gambar produk yang dijual bukan barang yang akan dijual. Pastikan jika gambar atau photo barang benar-benar barang yang akan diperjual belikan. Dan pastikan juga barang tersebut berada di tangan yang penjual dan siap kirim jika sudah melakukan pembayaran (tergantung kesepakatan).

Sistem Pembayaran
Pebisnis Online yang menggunakan sistem keamanan yang baik,dapat diketahui dengan cara mereka menggunakan protokol yang terinkripsi data. Bisa dilihat dari alamat URL atau alamat website pada web browser yang kita gunakan. URL yang tidak terinkripsi akan dimulai dengan http://. Sedangkan URL yang menggunakan protokol terinkripsi akan dimulai dengan https://. Biasanya browser akan memberitahu bahwa kita memasuki halaman secure atau aman.

Untuk toko online yang belum menggunakan protokol keamanan dalam hal sistem pembayaran atau menggunakan transaksi pembayaran dengan cara transfer antar rekening bank,sempatkan untuk menghubungi penjual,pahami karakteristik penjual tersebut. Penjual yang fair,pasti akan memberikan respon yang baik kepada calon konsumenya.

Pengiriman Barang
Pastikan penjual menggunakan jassa pengiriman barang yang sudah terpercaya dan dilengkapi fasilitas pesabab dengan jasa pos yang tidak tercatat,ini untuk memudahkan konsumen untuk melacak jejak pengiriman barang yang kita pesan.

Sebagai pembeli,pastikan bahwa alamat tujuan pengiriman barang tertulis secara lengkap dan jelas.

Back to TOP